Apakah Hutang Kartu Kredit Diwariskan? Informasi Lengkapnya Disini!

Table Of Content (toc)

Banyak orang yang bertanya, apakah hutang kartu kredit diwariskan? Bagaimana dengan tagihan kartunya bila pemilik kartu kredit meninggal dunia, apakah otomatis terhapus atau harus dibayar dengan ahli waris? Berikut penjelasan dari beberapa sumber terkait. 

Perlu Anda ketahui, kartu kredit merupakan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan transaksi keuangan atau ekonomi. 

Tentang Hutang Kartu Kredit

Pada dasarnya Kartu Kredit merupakan kartu berhutang, dan hutang harus dibayar sesuai dengan jumlah serta tanggal jatuh temponya. Jika hutang ini diabaikan, jumlahnya akan terus menumpuk dan membuat Anda kesulitan dalam membayarnya. 

Lalu bagaimana dengan tagihan kartu kredit milik nasabah yang sudah meninggal? Apakah hutang kartu kredit diwariskan kepada anak atau cucunya tersebut? Silahkan Anda perhatikan ulasan lengkapnya dari berbagai sumber di bawah ini. 

Sebagian disebutkan dalam peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2022 tentang penyelenggaraan kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (PBI APMK No. 14/2/PBI/20009). Yang mana kewajiban dalam pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit. 

Secara umum, penerbitan kartu kredit tunduk pada perjanjian antara penerbit kartu kredit atau bank dengan pemegang kartu kredit. Karena sifatnya berkaitan antara penerbit kartu kredit dengan pemegang kartu, ketentuan itu sesuai dengan pasal 1233 KUH perdata. 

Jika saudara menyatakan sebagai pemegang kartu kredit tambahan dari kartu kredit orang tua, hal tersebut merupakan fasilitas dari penerbit kartu kredit. 

Apakah Hutang Kartu Kredit Diwariskan? 

Lanjut ke pembahasan selanjutnya, apakah tagihan dari kartu kredit dapat diwariskan kepada anak, cucu atau saudara lainnya? Ini dia dua pertimbangan dan dasar hukum yang memungkinkan bahwa hutang kartu kredit bisa dan tidak bisa diwariskan. 

1. Hutang Kartu Kredit Bisa Diwariskan

Tagihan kartu kredit merupakan utang atau kewajiban yang harus dibayar oleh pemegang kartu kredit kepada bank. Jika nanti debitur meninggal, hutang tersebut dapat diwariskan. 

Dalam KUHPer pasal 833(1) dikatakan bahwa ahli waris dengan sendirinya akan mendapat hak milik atas semua harta, semua hak dan semua hutang orang yang meninggal sesuai hukum. 

Tidak hanya itu, persoalan mawaris seperti apakah hutang kartu kredit diwariskan juga terdapat pada pasal 171 huruf e Kitab Hukum Islam (KHI) bagi yang beragama Islam. 

Dalam kompilasi hukum Islam menyatakan jika harta warisan adalah harta bawaan ditambah bagian dari harta bersama setelah dipergunakan untuk pewaris selama sakit hingga meninggal, biaya pengurusan jenazah dan pembayaran hutang yang ada. 

2. Hutang Kartu Kredit Tidak Bisa Diwariskan

Bagaimana jadinya jika pewaris tidak bisa melunasi kartu kredit? Pada dasarnya hukum yang menyatakan bahwa hutang kartu kredit akan diserahkan kepada ahli warisnya tidak ada. 

Pihak bank pun sudah memahami konsep tersebut sehingga hutang tanpa jaminan seperti kartu kredit adalah jenis program yang terlindungi oleh asuransi, jadi bank akan tetap menerima pembayaran sesuai nominal seharusnya meski nasabah sudah meninggal. 

Kesimpulannya, sebelum merencanakan untuk memiliki kartu kredit, Anda harus memikirkan banyak solusi seperti rate bank yang rendah, track record nya baik, dan asuransi pembayaran jika nasabah yang bersangkutan meninggal dunia. 

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang apakah hutang kartu kredit diwariskan yang bisa Anda pahami dengan mudah. Jadi, sebaiknya sebelum memilih kartu kredit Anda harus mempertimbangkan berbagai aspek sampai yang akan terjadi dimasa depan nantinya. 

Hubungi Telpon
(ads2)

Leave a Review

0 Review
* Please Don't Spam the link Here. All Comments will be reviewed by Admin
PERHATIAN!
Semua data di atas adalah data valid terakhir saat artikel tentang Apakah Hutang Kartu Kredit Diwariskan? Informasi Lengkapnya Disini! ini ditulis. Sumber artikel ini adalah data dari https://www.google.co.id/maps. Harap dicatat bahwa kami tidak menyarankan atau menyarankan Anda untuk mengklik dan mengikuti tautan keluar apa pun yang terdapat di situs ini. Situs https://www.solusi.org tidak bertanggung jawab atas segala risiko transaksi. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pembaca dalam mencari informasi terkait Apakah Hutang Kartu Kredit Diwariskan? Informasi Lengkapnya Disini!. Tetap bijak dan selalu berhati-hati dalam bertransaksi.
(alert-warning)

Tags