Apa Itu Rekber? Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya

Table Of Content (toc)

Bagi pengguna marketplace pasti sudah sering mendengar istilah Rekber, bukan? Belum banyak orang yang mengetahui apa itu Rekber dan sistem kerjanya. Rekening bersama atau sering disebut Rekber mempunyai banyak manfaat dalam transaksi via online.

Di zaman modern seperti saat ini, aktivitas jual beli online sudah banyak dilakukan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Terlebih sejak maraknya Covid-19 yang membuat banyak orang semakin takut untuk berbelanja secara langsung atau secara konvensional.

Apa Itu Rekber

Apa Itu Rekber? 

Rekening bersama atau Rekber adalah suatu rekening yang dimiliki oleh pihak ketiga untuk menjembatani pembayaran antara pembeli dan penjual. Dalam perbankan Indonesia, Rekber memakai istilah yang sama dengan di luar negeri yaitu Escrow Service (ES)

Dalam melakukan transaksi ini, pembeli tidak melakukan transfer pembayaran langsung kepada penjual. Pembeli akan mentransfer pembayaran ke rekening milik penyedia jasa Rekber. 

Rekber yang memberikan sistem keamanan lebih tentunya menarik minat para konsumen. Pada awalnya istilah Rekber ini di kenal di Indonesia melalui forum kaskus. Waktu itu, transaksi jual beli online memang masih belum sebanyak sekarang. 

Cara Kerja dan Sistem Rekber

Nah, setelah mengetahui apa itu Rekber, maka Anda juga perlu memahami cara kerja Rekber sebagai berikut. 

  • Pembeli maupun penjual bersepakat untuk menggunakan jasa Rekber yang terpercaya
  • Pembeli mentransfer terlebih dahulu ke penyedia rekening bersama
  • Dana transaksi dikirimkan ke jasa Rekber
  • Konfirmasi bahwa dana Rekber telah masuk ke rekening bersama
  • Nantinya jasa Rekber akan bertugas untuk mengamankan dana tersebut
  • Penjual mengirimkan barang ke pembeli
  • Pembeli melakukan konfirmasi bahwa barang sudah diterima
  • Kemudian jasa Rekber mentransfer dana ke penjual
  • Penjual melakukan konfirmasi bahwa dana sudah masuk
  • Dan Rekber mendapatkan fee atas jasanya

Contoh atau Jenis Rekber

Rekber sebenarnya sudah banyak dijumpai dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan tanpa disadari, transaksi melalui marketplace seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia sudah menerapkan sistem ini. Berikut contoh Rekber yang sudah sering dijumpai. 

1. Rekber Bukalapak

Rekber Bukalapak? Rekber Bukalapak ialah rekening bersama milik Bukalapak untuk menampung pembayaran dari pembeli kepada penjual yang membeli produk di aplikasi Bukalapak. Apakah Anda pernah menggunakan rekening bersama Bukalapak? 

2.Rekber Tokopedia

Apa itu Rekber Tokopedia? Rekber Tokopedia adalah rekening bersama yang ditawarkan oleh aplikasi Tokopedia kepada pembeli dan penjual yang bertransaksi melalui Tokopedia. 

Semua pengguna marketplace ini diharuskan untuk melakukan berbagai transaksi menggunakan rekening bersama milik  Tokopedia. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan kedua belah pihak.  

3. Rekber Shopee

Rekber Shopee merupakan rekening bersama yang disediakan oleh aplikasi Shopee untuk menjembatani antara pembeli dan penjual yang melakukan aktivasi transaksi di Shopee. 

Pada prinsipnya, pembeli melakukan transfer uang kepada Shopee untuk ditampung. Baru kemudian pesanan dikirim oleh Shopee kepada pembeli, baru setelah itu penjual akan menerima uang pembayaran. 

4. Rekber GoFood

Sebagai salah satu pasar online penyedia makanan dan minuman paling banyak dipakai masyarakat Indonesia, Go Food juga memiliki rekber atau rekening bersama bagi para penggunanya. 

Kini pembeli tidak perlu lagi melakukan pembayaran secara langsung kepada penjual maupun melalui driver. Semua pembayaran dari konsumen harus melalui aplikasi dan masuk terlebih dahulu ke rekening bersama aplikasi GoFood. 

Penutup

Demikian pembahasan lengkap dari Solusi.org mengenai apa itu Rekber? Serta cara kerja dan jenisnya. Setelah menyimak artikel ini, diharapkan Anda bisa mengerti cara menggunakan rekber dalam transaksi online.

Hubungi Telpon
(ads2)

Leave a Review

0 Review
* Please Don't Spam the link Here. All Comments will be reviewed by Admin
PERHATIAN!
Semua data di atas adalah data valid terakhir saat artikel tentang Apa Itu Rekber? Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya ini ditulis. Sumber artikel ini adalah data dari https://www.google.co.id/maps. Harap dicatat bahwa kami tidak menyarankan atau menyarankan Anda untuk mengklik dan mengikuti tautan keluar apa pun yang terdapat di situs ini. Situs https://www.solusi.org tidak bertanggung jawab atas segala risiko transaksi. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pembaca dalam mencari informasi terkait Apa Itu Rekber? Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya. Tetap bijak dan selalu berhati-hati dalam bertransaksi.
(alert-warning)

Tags